Sabtu, 12 Maret 2011

Saya, Internet dan Lifestyle : Transaksi E-Commerce Pertamaku




Ngaskus? Apaan tuh..?
Well, ngaskus adalah istilah untuk 'browsing di situs komunitas kaskus'. Belum tau kaskus? Ih.. Kasian banget! Kaskus adalah situs komunitas terbesar di Indonesia! Apa enaknya? Mari kita ulas..
Tau kaskus? Bagi yang belum tau apa itu kaskuskaskus adalah komunitas terbesar di indonesia, buatan anak indonesia.
Selain sebagai tempat diskusi,kaskus juga banyak digunakan orang buat bisnis online jual beli barang. Ya kalau dikaskus namanya FJB (Forum Jual Beli), disana apapun bisa kita jual. Dari barang Sekend dampai barang baru, semua bisa kita temukan di FJB Kaskus, bahkan ada yang lebih gila menjual F16.

Flashback : Mengenal Kaskus..
Perjalanan saya mengenal kaskus, bisa dibilang cukup cepat. Suatu ketika, saya sedang mencari informasi tentang hal-hal yang sedang up to date. Eh, tau-tau om Google mempertemukan saya dengan kaskus, di dalam forum The Lounge- nya.
Mulai dari sana, saya sering 'nongkrong' di kaskus tanpa ID.
Tapi setelah sekian lama, akhirnya bikin ID juga disana..




Di bawah ini adalah ID pertama saya waktu masih nubie :p







lalu berapa waktu kemudian jadi lah ID saya mempunyai reputasi (cendol) , seperti gambar di bawah ini.


kemudian ini ada avatar ID saya di kaskus yang sampai saat ini masih saya pakai :D


id saya : nadiiotely  (lumayan lah udah ga nubie) :p

Apa aja isinya?


Ini adalah pertanyaan yang paling sering saya terima ketika 'menawarkan' kaskus ke temen. Secara garis besar, kaskus dibagi menjadi beberapa forum. Ada The Lounge (yg paling rame), English, Soccer, Movie, Music, Education, Games, Computer Stuff, dll.
Dulu ada forum di kaskus yang namanya Bebe17 (artinya ; buka-buka 17+) yang isinya materi dewasa. Kata sespuh kaskus dan penelitian saya, forum itulah yang mengangkat nama kaskus berkibar. Namun, di awal tahun 2008, forum ini ditutup.
Uniknya, di kaskus terdapat Forum Jual Beli a.k.a FJB! Forum ini (menurut saya) menjual begitu banyak pilihan barang dan jasa! Pengalaman saya belanja di FJB cukup memuaskan. Saya doyan belanja barang-barang distro clothing yg unik-unik.

Biasanya untuk kita menilai apakah seller tersebut terpecaya, kita bisa melihat dari comment para buyer yang memberikan testi setelah mereka mendapatkan barang yang mereka inginkan. Selain testimonial mereka biasanya juga memberika gambar yang menunjukan bahwa mereka sangat puas terhadap seller. Gambarnya adalah seperti di bawah ini :



Dan biasanya kita dapat melihat dari sisi lain, yaitu Resi JNE/TIKI buyer yang di foto , dari situ kita bisa menilai bahwa seller sudah terbiasa mengirimkan barang via kurir tanpa harus COD (Cash On Delivery)



Sekian penjelasa singkat mengenai Pengalaman saya dalam bertransaksi menggunakan fasilitas online (internet) :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar