Senin, 07 Januari 2013

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online?




Saya kebetulan pernah dan sekarang masih sering jualan online atau bisnis online. Banyak cara yg saya lakukan. Disini saya akan share pengalaman pribadi dari bisnis online shop saya. 

Pengalamanku bisnis online adalah:
1. Mereka bayar duluan jika mereka tidak saya kenal.
2. Mereka bayar belakangan atau DP 50% jika mereka teman atau orang yg saya kenal.
3. Pengiriman menggunakan jasa JNE.



Keunggulan online shop :
1. Biaya lebih efisien (biaya internet jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa toko).
2. Promosi lebih luas (semua produk yang dipasarkan di internet bisa diakses oleh semua orang, tanpa batasan negara).
3. Waktu lebih fleksibel (sistem bisa diatur agar tetap berjalan selama 24 jam, kendati ditinggalkan. Bisnis online bisa dipantau dimanapun Anda berada. Terlebih, kini banyak mal, kafe, dan restoran yang menyediakan layanan hot-spot).

Keterbatasan/kekurangan online shop :


1. Pelanggan tidak bisa melihat atau mencoba produk sebelum membeli. Sehingga jangan heran kalau ada yang meminta tukar kaena alasan tertentu. Kesimpulannya dobel ongkos kirim.
2. Siap-siap dimarahin pembeli yang kiriman barangnya belum sampai, padahal sudah dikirim 3 hari yang lalu dengan one night serice. Hal ini sering kali terjadi.
3. Kalau kurang promosi, online store anda bisa sepi pengunjung.


4. Barang tertentu tetap perlu bisnis di dunia nyata, misalnya bisnis makanan.
5. Masih ada kendala dengan pembayaran, sehingga perlu kehati-hatian.
6. Mudah disalahgunakan, karena belum ada pengawasan yang ketat, tidak ada izin, dan lain sebagainya.
7. Kurang manusiawi, sehingga konsumen lebih sulit dilayani secara personal.
8. Persaingan lebih ketat karena konsumen bisa langsung membandingkan produk kompetitor dengan mudah.


Kesimpulan:
Dalam setiap jenis bisnis selalu ada risikonya masing-masing. Khusus bisnis online shopping, untuk menghindari dari risiko yang merugikan itu, Anda harus terus memperbarui informasi seputar keamanan di dunia maya.


sumber :
http://phuphut.student.umm.ac.id/category/on-line-shop-os/

Bedah Website Usaha Kecil / Besar

Membangun sebuah usaha baik itu usaha kecil maupun usaha besar, dibutuhkan strategi dalam menjalankan usahanya, seperti strategi pemasaran. Dahulu bila seseorang ingin membuat sebuah usaha, misalnya usaha jual-beli, dibutuhkan lokasi dan tempat yang strategis untuk menjaring para pelanggannya, kini untuk menjalankan usaha jual-beli tidak perlu memiliki tempat dan lokasi yang strategis. Dengan adanya e-commerce atau jual-beli online, seseorang bisa menjual dagangannya melalui media internet.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai usaha yang dijalankan oleh salahsatu pelaku usaha yang memanfaatkan media internet sebagai tempat untuk menjual dagangannya yaitu www.jendiksshop.com



Jendik's Shop adalah OLSHOP yang menjual Accesories Import (PO),Wedges,Fashion Import,Softlens Import. Dan menerima penjualan secara Reseller,Dropship,Eceran,Grosir. Untuk anda yang akan memulai usaha di bidang Accesories Import (PO), Wedges, Fashion Import, Softlens Import, anda bisa berbelanja di website ini tanpa mengeluarkan banyak biaya. Karena harga yang ditawarkan merupakan harga yang terjangkau dengan kualitas tinggi  sehingga pembeli tidak perlu ragu untuk berbelanja di Jendik's Shop.


Visi dan Misi 
Mempunyai Visi Ingin Membagikan Semangat Berwirausaha dan Membantu Mencetak Wirausaha-wirausaha Mandiri. Dengan Misi ingin membagikan Info Peluang Usaha Skala Kecil dan Menengah, maka web ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi. 



Manfaat 
Website online shop sangat bermanfaat bagi para mereka yang menjual barang dagangannya dan para pembeli. Karena tidak dibutuhkan betatap muka antara penjual dan pembeli, sehingga para pembeli dapat 24 jam memilih barang yang diinginkannya.



Perencanaan Dalam Memasarkan Layanan Website
Untuk website seperti ini, cara marketing yang bisa dilakukan dapat berbagai macam. Pihak owner website dapat menggunakan cara pemasaran yang gratis maupun yang berbayar. Cara gratis yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menggunakan jejaring social media gratis seperti facebook dan twitter. Informasi yang ada disebarkan dengan menggunakan account di jejaring sosial tersebut.

Media Komunikasi
Media komunikasi yang dapat digunakan dan berkaitan dengan layanan website ini ada banyak sekali. Untuk hubungan dengan pelanggan kita dapat menggunakan fasilitas jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
facebook-twitter-Share-Connection
Kedua media jejaring sosial ini sangat efektif untuk mendekatkan perusahaan ke pelanggannya secara langsung. Apabila hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sudah terjalin dengan baik tentunya hal tersebut akan berimbas pada tingkat loyalitas pelanggan yang makin tinggi.

▷ PIN BB : 27BF0E0A

▷ HP & WA : 083191046585

▷ YM : jendiksshop@yahoo.com

▷ PAGE FB : Jendik's Shop (Jendiksshop@yahoo.com)

▷ TWITTER : @JendiksShop

Manfaat
Selama offline pelanggan menginginkan efisiensi dan efektif pada waktu, dengan adanya toko online maka pelanggan tidak perlu lagi ke toko untuk membeli produk yang diinginkan, sehingga walau pelanggan sibuk dan tidak sempat ke toko, pelanggan bisa melihat pada situs toko online dan bisa membeli produk tersebut.

Selain itu selama offline perpelanggan malas pergi ke toko karena jarak yang ditempuh jauh, namun dengan adanya toko online ini pelanggan tidak harus datang ke toko tersebut. Pelanggan hanya perlu membuaka situs toko tersebut, maka pelanggan bisa langsung melakukan aktifitas jual-beli.


Demikian tulisan saya mengenai Bedah website sebuah usaha kecil / besar. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



sumber :
http://jendiksshop.com/
http://peluangusahakecil.com/misi-peluang-usaha-kecil/
http://widiandroid.blogspot.com/2012/12/bedah-website-usaha-kecil-besar.html